PEMBERITAHUAN :

NEWS ! : Kini Poskicau.com jg melayani jual/beli Tanaman Hias/BONSAI

Iklan Banner Premium

Iklan Banner  Premium
F.Purwo 08813347987-081234299266
"Pemesanan silahkan hub no. yg ini 08885858255 atau 081234 299266" Trims !

Thursday, November 11, 2010

Burung Pleci / Kacamata Biasa

Kacamata biasa
Status konservasi

Risiko rendah [1]
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Zosteropidae
Genus: Zosterops
Spesies: Z. palpebrosus
Nama binomial
Zosterops palpebrosus
(Temminck, 1824
Kacamata biasa (Zosterops palpebrosus) adalah nama sejenis burung kecil dari suku Zosteropidae, bangsa Passeriformes (burung petengger). Burung ini merupakan penetap di hutan-hutan terbuka di kawasan Asia tropis, mulai dari India ke timur hingga Cina dan Indonesia. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Oriental White-eye.

Pengenalan

Burung kecil yang lincah, dengan panjang tubuh (dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 10–11 cm. Sisi atas tubuh tertutup bulu-bulu kehijauan atau hijau kekuningan (hijau zaitun), sedangkan sisi bawahnya sedikit bervariasi bergantung rasnya, kecuali leher dan dadanya yang berwarna kuning terang. Sayapnya membundar dan kaki-kakinya kuat.
Nama-namanya (“kacamata”, white-eye) merujuk pada lingkaran bulu-bulu kecil berwarna putih di sekeliling matanya. Nama marganya berasal dari kata Yunani zosterops, yang berarti ”sabuk mata”.
Gemar berkelompok, burung ini kerap membentuk gerombolan besar yang bergerak bersama di antara tajuk pepohonan; bahkan sering juga bercampur dengan spesies lain seperti burung sepah (Pericrocotus). Meskipun utamanya burung kacamata bersifat pemakan serangga, namun ia pun memakan nektar dan aneka jenis buah. Sembari mencari mangsanya di sela-sela dedaunan, burung ini terus bergerak dari satu ranting ke lain ranting, dan kemudian berpindah ke lain pohon yang berdekatan, sambil terus mengeluarkan suara berkeciap tinggi setiap beberapa saat sekali untuk berkomunikasi dengan anggota kelompok yang lainnya.
Di Jawa, burung ini tercatat bertelur mulai dari Januari hingga Oktober. Telur berjumlah kurang lebih tiga (2–5) butir berwarna biru pucat, diletakkan pada sarang berupa cawan kecil yang khas bentuknya. Sarang ini terbuat dari akar-akaran, tangkai dan tulang daun, dan bahan-bahan tumbuhan lainnya, serta dihiasi dengan lumut. Sarang diletakkan di percabangan ranting atau rumpun bambu, sekitar 2–4 m di atas tanah.

Ras dan penyebaran

Ada banyak ras (anak jenis) dari Z. palpebrosus. Berikut ini uraian mengenai beberapa ras yang terdapat di Indonesia dan cirinya.
  • Z.p. auriventer di Sumatra, Kalimantan dan Asia Tenggara.
  • Z.p. buxtoni di Sumatra, Kalimantan, dan Jawa bagian barat. Mirip dengan kacamata gunung Zosterops montanus, sisi bawah tubuh berwarna abu-abu keputihan; perbedaannya buxtoni memiliki sebuah garis kuning membujur di tengah dada hingga perut, paha yang berwarna putih, dan iris mata kecoklatan (montanus, iris putih). Sangat mirip dengan kacamata belukar Zosterops everetti, yang perutnya lebih abu-abu dan pita kuning di dadanya lebih lebar.
  • Z.p. melanurus di Jawa dan Bali. Sisi bawah tubuh kuning seluruhnya. Sisi atas tubuh (termasuk tunggir) hijau zaitun, dengan bercak kuning di atas paruh. Mirip dengan kacamata laut Zosterops chloris yang bertubuh sedikit lebih besar dan memiliki kekang hitam gelap.
  • Z.p. unicus di Sumbawa dan Flores. Seperti melanurus, namun tunggirnya berwarna kuning.
Sumber: http://richmountain.wordpress.com 

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++


    Galeri Pleci kacamata-ku

    PLECI KM 01 Koleksian Not For Sale

     Aku jg bisa nge-rock en roll

    Aku jg bisa teler seperti kamu AM

     
    selain njambul kayak Cak ijo n Branjangan
    Aku juga bisa nggebyok.. kalau diganggu hehe.. !

    Biar badanku kecil gini tapi aku berprestasi lho.. Sdh 9x aku koncer di lapangan.
    Udah malu ah.. masih kecil dan hijau.

    ==========================================================
    PLECI KM 02

    PLECI KM 03
     pendatang baru ...









    Description: Burung Pleci / Kacamata Biasa Rating: 4.5 Reviewer: Jasa Penerjemah Manual - ItemReviewed: Burung Pleci / Kacamata Biasa

    23 comments:

    1. Boss.. Plecine oleh rego piro iku..sms 081334155105

      ReplyDelete
    2. mas pleci nya berapa ? email ke amega_yasutra@yahoo.com yo... suwun

      ReplyDelete
    3. bedain jantan betinanya gmn om?

      ReplyDelete
    4. diantara jenis pleci tersebut .. jenis mana yang terbaik om ?

      ReplyDelete
    5. apa lg kl dah pernah jawara kontes di MALANG...
      udah bs di bilang sippp...

      ReplyDelete
    6. kira_kira burung pleci bisa bunyi keras sampe berapa lama,omm..??

      ReplyDelete
    7. amak: umumnya pleci jantan lis putih kacamatanya lebih tebal.

      mypleci : pleci bunyi keras gak tentu mas. Walau burung tangkapan alam juga ada yg cepat keras suaranya asal tidak stress.

      ReplyDelete
    8. mas pur.....
      cara merawat pleci yg stress apa sama seperti merawat pleci pada umumnya?
      trus tanda2 pleci stress itu selain gak mau berkicau, itu apa aja ya?
      terimakasih atas pencerahannya......

      ReplyDelete
    9. pleci saya udah saya rawat tapi koq gak bunyi2
      udah 2 bulan saya ngerawat
      trus g mana bedain perci laki and cewek

      ReplyDelete
    10. klu kirim ke medan plecinya bs om...

      ReplyDelete
    11. saya puya pleci dah ngeroll

      ReplyDelete
    12. om saya kan bru dpet pleci tpi burungnya kok aneh gk suka makan pisang tapi malah suka makan UK.
      gimana caranya supaya si burung itu suka makan buah lagi......??? terima kasih

      ReplyDelete
    13. lagi nyari (beli) bakalan pleci n kenari yg prospek nih... ada yg bisa bantu om2...?



      call on

      herydc8@yahoo.com

      Jkt,tks

      ReplyDelete
    14. om gimana nglatih pleci biar klo di adu mau bunyi? soalnya pleciQ klo dipisah bunyi,tp klo di dekatkn sma pleci laen jarak 1 meter cuma ngeriwik az,salam plecimania

      ReplyDelete
    15. bos tolong d cek / nilai kualitas pleci didikan gw bos apa layak ikut lomba???

      http://www.youtube.com/user/TheBoygrek/videos

      ReplyDelete
    16. hidup pleci mania..............!!!

      ReplyDelete
    17. pleci ane kayak Pleci KM 03 pendatang baru,
      jinak bisa di elus-elus, udah ngalas d rumah

      ReplyDelete
    18. Kayak Pleci Lombok Atau Kecial ya om???

      ReplyDelete
    19. Om plecikubisanya kok cuma cuit..cuit. aja ya bunyinya

      ReplyDelete
    20. Maaf mas, saya sedikit protes tentang jenis burung peleci. kenapa Lombok Nusa Tenggara Barat tidak dimasukkan dalam daftar jenis pelecinya? peleci dalam bahasa Lombok disebut kecial kuning, sering dilombakan tiap bulan di kantor wali kota Mataram. malah peleci lombok diincar oleh orang-jawa. disebabkan khas suaranya. di Nusa Tenggara Barat__Lombok adalah tempat yang paling sering mengadakan lomba burung. apalagi kecial adalah khas burung Lombok, sampai ada lagunya "Kecial Kuning"!

      ReplyDelete
    21. informasinya sip om..... bagus bagus

      ReplyDelete